Tuesday, October 15, 2013

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat

Minggu kemarin saya iseng bongkar2 sepeda motor sekedar untuk bersih2. Saya nemu banyak banget karat yg nempel di rangka n knalpotnya. Saya coba bersihin ternyata susah juga. Dari hasil tanya2 ada beberapa saran yg saya dapat, antara lain di ampelas, digosok sikat kawat, dikasih minyak tanah, dikasih bensin, bahkan di semprot pake minyak pembersih rantai motor.. tp ngga satupun yg memuaskan. Saya juga dah coba menggunakan air minuman Cola, dan hasilnya juga ngga ngefek apa2 (berita selama ini yang bilang air Cola bisa ngilangin karat itu berarti cuma hoax).

Lalu setelah beberapa kali percobaan akhirnya saya menemukan cara yang sangat efektif, cepat dan cukup memuaskan, saya menggunakan pembersih karat bernama BRASSO !! harganya cukup murah cuma Rp 12.500,- di alfamart.

Ini penampakan botolnya Gan


Cara penggunaannya sangat gampang, cukup teteskan Brasso ke bagian yang berkarat dengan merata, tunggu sebentar sampe karat melarut dengan cairan brasso lalu digosok dan di lap dengan kain maka bagian yang berkarat akan kembali kinclong. Tapi kalo karatnya cukup tebal maka harus dibantu dengan sikat kawat/kuningan (gosok perlahan aja) agar larutan brasso bisa menjangkau lapisan karat yang ada dibawahnya lalu disiram dengan air sampe karatnya bener-bener bersih.

Saya sudah praktekin di knalpot saya yang berkarat cukup tebal terutama di pangkal dekat mesin, dan hasilnya sangat memuaskan :D

Lihat perbedaan karatnya Gan


Btw, hati - hati sama cairan brasso Gan. Dibotolnya tertulis jangan kena kulit secara langsung apalagi kalo sampe kena mata, termasuk jangan terhirup karena bisa menyebabkan iritasi ato gejala keracunan. Saya belon cobain sih tapi saya percaya aja deh.. :D

Jadi untuk menghindari kontak dengan kulit saya pake kain buat nutup hidung dan kantong kresek untuk melindungi tangan. Kalo agan punya uang lebih untuk beli sarung tangan karet dan masker akan lebih bagus lagi

Sekian tulisan saya semoga bermanfaat... :)

Fb : Yogi Safran - Twitter : @yogisafran - BBM 5F0F1B89 #‎karikaturpalembang

21 comments:

  1. ne info yg gwa cari, tank's gan info nya..

    ReplyDelete
  2. siap mencoba... Thanks Gan...

    ReplyDelete
  3. Nice article, thanks...

    ReplyDelete
  4. makasih gan infonya..saya suka..saya suka hehe \m/

    ReplyDelete
  5. Thx utk infonya..bermanfaat sekali..mampir yuk ke http://elementmtb.com/jika-ingin-sepeda-gunung-terlihat-kinclong-harus-pakai-ini/

    ReplyDelete
  6. Mantapp,,semoga berkah gan udah ngasih info

    ReplyDelete
  7. mungkin sy percaya krn dlu sy pernah jd security sy biasa bersihkan dgn cairan braso ok punya hasilnya tp knlpot blm coba tp nti sy coba thanks gan infonya

    ReplyDelete
  8. mungkin sy percaya krn dlu sy pernah jd security sy biasa bersihkan dgn cairan braso ok punya hasilnya tp knlpot blm coba tp nti sy coba thanks gan infonya

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. malam om, saya Hartawan. Mau nanya om, kalo buat mur mantab juga ga sih om? soalnya pernah make, tapi karat lagi karat lagi. lama lama abis mur ane nih.. hahahahaha
    terima kasih om.

    ReplyDelete
  11. Nt muncul lagi ngga karatnya gan?

    ReplyDelete