Senin, 03 November 2014

CARA MENDETEKSI DRIVER UNTUK WINDOWS

Masalah yang sering terjadi setelah kita menginstal OS (Operating System/Sistem Operasi) seperti Windows pada PC, Laptop atau Notebook adalah tidak terdeteksinya driver hardware. Driver adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai penghubung antara sistem operasi dengan perangkat keras (hardware) agar dapat menjalankan fungsinya. Sehingga apabila driver pada OS Windows yang baru kita instal tidak tersedia makan hardware tersebut jadi tidak berfungsi, contohnya jika driver audio tidak tersedia maka suara pada komputer kita tidak akan keluar. Begitu juga dengan driver2 lain seperti LAN untuk kartu jaringan, WiFi untuk fungsi wireless, VGA untuk fungsi gambar dimonitor, dan Chipset. 

Beberapa driver standar sudah disediakan oleh OS Windows tapi tanpa driver asli dari pabrikan perangkat keras yang bersangkutan biasanya perangkat keras tersebut berjalan kurang optimal. Contohnya driver Kartu VGA, tanpa driver asli biasanya windows sudah menyediakannya, tapi resolusi gambar dan jumlah warna yang dihasilkan akan kurang optimal.

Cara mengatasi masalah tersebut sangat gampang, anda cukup memasukkan CD driver yang biasanya disertakan pada saat anda membeli komputer. Tinggal cari file setup driver pada CD tersebut, lalu instal/update driver maka perangkat keras bersangkutan akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Tapi bagaimana kalau CD Drivernya tidak ada? dan anda pun tidak tahu spesifikasi komputer yang baru saja anda instal ulang untuk dicari drivernya di internet? Berikut saya bagi salah satu cara untuk mendeteksi dan mencari drivernya.

Rabu, 04 Juni 2014

CARA BENERIN SENAPAN ANGIN CANON 737 AIR RIFLE

Minggu lalu saya dapet amanat dari Ayah Mertua untuk benerin senapan angin (air rifle) merk Canon 737, kondisi senapannya udah berkarat dan macet saat dikokang. Selain itu senapan tersebut sepertinya pernah dibongkar dan tidak dipasang pada tempatnya. Saya coba cari referensi di mbah Google tapi ngga nemu juga buku manual ato gambar petunjuk yang menjelaskan susunan senapan jenis ini.

Akhirnya saya coba-coba sendiri dan Alhamdulillah berhasil, biasanya senapan angin yang sudah tua biasanya punya masalah antara lain :

1. karat, bisa dibersihkan dengan minyak mesin (saya biasanya pake minyak buat mesin jahit punya emak :)
2. bagian2 yang terbuat dari karet sudah keras dan aus, atau
3. per/spring-nya udah lemah, 
untuk masalah no 2 dan 3 solusinya cuma 1 ganti sparepartnya hehe.

Untuk memudahkan temen-temen yang sedang bongkar pasang senapan Canon 737 Air Rifle berikut saya tulis langkah2 saya membongkar dan memasang senapan ini :

Selasa, 18 Februari 2014

IMPORT KONTAK NOKIA KE ANDROID


Saya baru saja mencoba import 755 kontak di Nokia E90 lama saya ke Android, saya cari2 aplikasi di Google Play tapi ngga ada yg memuaskan, akhirnya saya coba cara ini :

PERTAMA : KITA EKSPOR DULU KONTAK DI HAPE KITA
1. Hubungkan HP nokia ke PC/Laptop menggunakan kabel data dan pilih mode PC Suite (pada HP)
2. Buka aplikasi Nokia PC Suite di PC/Laptop, klik FILE > KONTAK setelah semua kontak terlihat di jendela PC Suite klik EDIT > PILIH SEMUA (atau tekan CTRL + A)  maka semua kontak akan terseleksi


Minggu, 10 November 2013

Selasa, 05 November 2013

Tanda Sinyal BB pada Blackberry Hilang

Saya sempet bingung waktu baru beli paket Blackberry, saya telpon ke provider katanya paket BB dah aktiv tapi tanda sinyal BB ngga juga muncul walo baterenya dah saya cabut pasang berkali2. Sehingga aplikasi seperti BBM ngga bisa dipake.

Setelah search dibeberapa forum akhirnya saya ketemu cara mengatasinya :

Pastikan settingan BB Anda seperti ini. Klik "Manage Connections" di homescreen terus di menu nya pilih "Mobile Network Options":
-> Data Services diatur ke "On"
-> Network Technology diatur ke "GSM/UMTS"
-> Network Mode diatur ke "3G & 2G".

Terus register smartphone Anda di Options > Advanced Options > Host Routing Table. Pas di Host Routing Tablenya, pencet tombol BlackBerry dan klik Register Now.

Btw, cek dulu apa di sinyal BB daerah Anda tidak bermasalah y :D

Rabu, 30 Oktober 2013

Audio/Suara tidak Keluar Saat Import Video di Adobe Premiere Pro Cs3

Buat temen2 yang suka ngolah video menggunakan Adobe Premiere Pro CS3 ada permasalahan yg sering muncul saat meng-import file video ke program, videonya muncul tapi suaranya ngga keluar, saya baru menemukan solusinya. Yaitu dengan mengkopi file ad2ac3dec.dll ke folder utama program tersebut biasanya di C:\Program Files\Adobe\Adobe Premiere Pro CS3\


File tersebut jg bisa diambil di link berikut http://www.mediacollege.com/adobe/premiere/pro/import/mpeg-ac3.html

Jika suara tidak keluar karena driver audio komputer anda tidak didukung oleh Adobe Premiere (biasanya muncul peringatan : "The Currently installed soundcard driver does not support Direct Sound Input. Recording Audio is not possible" solusinya instal driver audio universal  ASIO4ALL yg bisa didownload di http://www.asio4all.com/ lalu ubah setting audio hardware pada adobe premiere pada menu EDIT/PREFERENCES/AUDIO HARDWARE/ ubah defaul drivernya ke ASIO


Semoga bermanfaat !

Selasa, 15 Oktober 2013

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat

Minggu kemarin saya iseng bongkar2 sepeda motor sekedar untuk bersih2. Saya nemu banyak banget karat yg nempel di rangka n knalpotnya. Saya coba bersihin ternyata susah juga. Dari hasil tanya2 ada beberapa saran yg saya dapat, antara lain di ampelas, digosok sikat kawat, dikasih minyak tanah, dikasih bensin, bahkan di semprot pake minyak pembersih rantai motor.. tp ngga satupun yg memuaskan. Saya juga dah coba menggunakan air minuman Cola, dan hasilnya juga ngga ngefek apa2 (berita selama ini yang bilang air Cola bisa ngilangin karat itu berarti cuma hoax).

Lalu setelah beberapa kali percobaan akhirnya saya menemukan cara yang sangat efektif, cepat dan cukup memuaskan, saya menggunakan pembersih karat bernama BRASSO !! harganya cukup murah cuma Rp 12.500,- di alfamart.

Ini penampakan botolnya Gan


Cara penggunaannya sangat gampang, cukup teteskan Brasso ke bagian yang berkarat dengan merata, tunggu sebentar sampe karat melarut dengan cairan brasso lalu digosok dan di lap dengan kain maka bagian yang berkarat akan kembali kinclong. Tapi kalo karatnya cukup tebal maka harus dibantu dengan sikat kawat/kuningan (gosok perlahan aja) agar larutan brasso bisa menjangkau lapisan karat yang ada dibawahnya lalu disiram dengan air sampe karatnya bener-bener bersih.

Saya sudah praktekin di knalpot saya yang berkarat cukup tebal terutama di pangkal dekat mesin, dan hasilnya sangat memuaskan :D

Lihat perbedaan karatnya Gan


Btw, hati - hati sama cairan brasso Gan. Dibotolnya tertulis jangan kena kulit secara langsung apalagi kalo sampe kena mata, termasuk jangan terhirup karena bisa menyebabkan iritasi ato gejala keracunan. Saya belon cobain sih tapi saya percaya aja deh.. :D

Jadi untuk menghindari kontak dengan kulit saya pake kain buat nutup hidung dan kantong kresek untuk melindungi tangan. Kalo agan punya uang lebih untuk beli sarung tangan karet dan masker akan lebih bagus lagi

Sekian tulisan saya semoga bermanfaat... :)

Fb : Yogi Safran - Twitter : @yogisafran - BBM : 305C94F8

Jumat, 28 Juni 2013

CONTOH HASIL CETAK KARIKATUR





Berikut saya tampilkan contoh hasil cetak nya, maaf agak kabur cz di foto pake HP :D
Buat yang mau mesen email aja ke : yogi.safran@gmail.com atau BBM 76929908

Senin, 08 April 2013

JANGAN GALAU

Satu - satunya cara untuk melupakan kenangan lama adalah dengan membuat kenangan yang baru, ia yang pernah kau cintai & telah melupakanmu, tak akan lagi sama seperti saat dulu bersamamu, bahkan meskipun ia kembali.

Jangan galau Friend, selalu ada yang terbaik untuk pribadi yang terbaik.
Memang tidak mudah, tapi berhentilah menyesali dan mulailah memperbaiki diri.


Ingat, hidup ini cuma sekali
:)

Minggu, 07 April 2013

KARIKATUR UNTUK UNDANGAN

Biaya pembuatan karikatur untuk undangan BW Rp 150.000,- / kepala dan Warna 200.000,- per kepala, silakan kirim foto ke email : yogi.safran@gmail.com
hubungi saya di BBM 76929908 atau Facebook : http://www.facebook.com/yogi.safran



Minggu, 10 Maret 2013

KABAR BURUNG

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. 
[Al Hujurat : 6]

Senin, 04 Maret 2013

MASA MUDAMU DAN HARTAMU


“Tidak akan bergeser kaki anak Adam (manusia) pada hari kiamat nanti di hadapan Rabbnya sampai ditanya tentang lima perkara: umurnya untuk apa dihabiskan, masa mudanya untuk apa dihabiskan, hartanya dari mana dia dapatkan dan dibelanjakan untuk apa harta tersebut, dan sudahkah beramal terhadap ilmu yang telah ia ketahui.”
(HR. At Tirmidzi no. 2340)
 

Selasa, 19 Februari 2013

KOMIK STRIP WONG KITO : KABUR DARI PENJARA


Terjemahan dari bahasa Palembang : 

+ Bro, kita jangan kabur lewat sini
- Kenapa?
+ Pokoknya jangan
- !?

KARIKATUR UNTUK KAMPANYE PILKADA

Kampanye Calon Pemimpin Daerah untuk Pilkada dengan menggunakan karikatur akan lebih menarik perhatian masyarakat, karena memiliki keunikan tersendiri. Karikatur ini dapat dicetak dalam berbagai media seperti spanduk, baliho, xbaner atau pun selebaran. BBM 76929908


Karikatur Cabup Banyuasin - Yan Antoni F











Senin, 28 Januari 2013

JASA PEMBUATAN KARIKATUR PALEMBANG



Buat temen - temen yang mau pesen karikatur silakan hubungi saya di :
>> BBM 76929908 
>> SMS/WhatsApp 08194803323
>> Email (fb) : yogi.safran@gmail.com

Tarif nya : 
- Rp 150.000,- per kepala (Karikatur Black & White) lebih dari 1 kepala dlm 1 frame tambahan Rp 75rb per kepala
- Rp 200.000,- per kepala (Berwarna) lebih dari 1 kepala dlm 1 frame tambahan Rp 100rb per kepala
Karikatur yang telah dibuat akan dikirim melalui email dalam bentuk digital (JPEG)

*tarif tidak termasuk biaya cetak, jika ingin dicetak maka ditambahkan biaya cetak dan ongkos kirim dari Palembang

Biaya tambahan kl di cetak laminating + bingkai : 10R (20x30 cm) Rp 26.000,- + bingkai Rp 32.000,-
16R (30x40 cm) Rp 62.000,- + bingkai Rp 50.000,-
20R (40x50 cm) Rp 90.000,- + bingkai Rp 70.000,-
24R (50x60 cm) Rp 130.000,- + bingkai Rp 90.000,-


     -----------------------------------------------------------------------


    Saya juga menyewakan bingkai/frame berserta standnya ukuran 24R : Rp 50.000,- per hari untuk dipasang di gedung / acara resepsi (khusus wilayah Palembang) 


    Contoh Sewa Frame/Bingkai


    Selasa, 23 Oktober 2012

    KARIKATUR COUPLE UNTUK PREWED, KADO ULTAH, DLL








    Buat temen - temen yang mau pesen karikatur silakan hubungi saya di :
    >> BBM 76929908
    >> Email (fb) : yogi.safran@gmail.com

    Tarif nya : 
    - Rp 150.000,- per kepala (Karikatur Black & White)
    - Rp 200.000,- per kepala (Berwarna)
    Karikatur yang telah dibuat akan dikirim melalui email dalam bentuk digital (JPEG)

    *tarif tidak termasuk biaya cetak, jika ingin dicetak maka ditambahkan biaya cetak dan ongkos kirim :)

    Kamis, 23 Agustus 2012

    KARIKATUR UNTUK KADO PERPISAHAN ATASAN/REKAN KERJA





    Bingung mau ngasih kado untuk perpisahan atasan atau rekan kerja yang mutasi? buatin karikatur aja. Pasti bakal jadi kado yang sangat istimewa, karikatur bisa menunjukkan perhatian dan kesan yang mendalam, karena karikatur bisa dibuat berdasarkan hoby dan kebiasaan atasan/rekan kerja kita tersebut.

    Untuk pemesanan bisa menghubungi BBM 76929908 atau email : yogi.safran@gmail.com
    Tarif nya : 
    - Rp 150.000,- per wajah (Karikatur Black & White)
    - Rp 200.000,- per wajah (Berwarna)
    Karikatur yang telah dibuat akan dikirim melalui email dalam bentuk digital (JPEG)

    *tarif tidak termasuk biaya cetak, jika ingin dicetak maka ditambahkan biaya cetak dan ongkos kirim dari Palembang :)

    Rabu, 08 Agustus 2012

    KARIKATUR ANDA



    Ngga cuma selebritis dan politikus yang bisa dikarikaturkan, Anda pun bisa! Cukup kirimkan foto wajah melalui email, saya akan buatkan karikatur lucu untuk  Anda.

    Bagi yang ingin memesan dapat menghubungi kami melalui email : yogi.safran@gmail.com, BBM 76929908.

    Tarif nya : 
    - Rp 150.000,- per kepala (Karikatur Black & White)
    - Rp 200.000,- per kepala (Berwarna)
    Karikatur yang telah dibuat akan dikirim melalui email dalam bentuk digital (JPEG)

    *tarif tidak termasuk biaya cetak, jika ingin dicetak maka ditambahkan biaya cetak dan ongkos kirim :)

    Minggu, 05 Agustus 2012

    KARIKATUR PREWEDDING






    Foto prewedding? Ah dah biasa, mahal lagi. Mending bikin karikatur aja, lebih murah dan unik. Buat temen2 yang ingin dibuatkan karikatur seperti di atas silakan kirim foto wajah ke email : yogi.safran@gmail.com atau add BBM saya di 76929908.

    Saya tunggu ya :)

    Senin, 23 Juli 2012

    JASA PEMBUATAN KARIKATUR WEDDING


    Wedding pake foto? ah.. dah biasa, nah kalo wedding dalam bentuk karikatur? pasti lebih menarik perhatian kan, apalagi kalo karikaturnya dimasukin jg ke dalam undangan pernikahan hmm pasti unik. Saya menawarkan jasa pembuatan karikatur wedding menggunakan digital painting, dimana hasil karyanya berupa file gambar digital *.JPG resolusi tinggi (4000 x 5000 pixel) yang bisa dicetak sesuai dengan media yang diinginkan. Bagi temen-temen yang ingin memesan silakan kirim email ke : yogi.safran@gmail.com (foto dan tema karikatur yang ingin dibuat) atau add BBM saya di 76929908

    Berikut contohnya :

    Karikatur Wedding Adat Jawa






    Karikatur Wedding Adat Batak Karo
    Adat Sumatera
    Adat Pagar Alam Sumatera Selatan


    Tarif nya : 
    - Rp 100.000,- per kepala (Karikatur Black & White) lebih dari 1 kepala tambahannya Rp 75rb/ kepala
    - Rp 200.000,- per kepala (Berwarna) lebih dari 1 kepala tambahannya Rp 100rb/ kepala
    Karikatur yang telah dibuat akan dikirim melalui email dalam bentuk digital (JPEG)

    *tarif tidak termasuk biaya cetak (jika ingin dicetak) dan ongkos kirim (jika file ingin dikirim dlm bentuk CD ataupun cetak)

    Kamis, 12 Juli 2012

    KARIKATUR HADIAH ULANG TAHUN


    Kado untuk kekasih tercinta


    Hobby
    Ulang Tahun Anak
    Ulang Tahun Ibu dan Anak

    Sketsa Wajah


    Untuk pemesanan karikatur silakan hubungi BBM 76929908 atau email (facebook) : yogi.safran@gmail.com